VisiTors

Thursday, September 12, 2013

Pemprograman Sistem

Program Sistem membantu eksekusi “general user program” secara effektif pada sistem computer.
Efektifitas, meliputi :

- effektifitas penggunaan sistem komputer(pengaruh konfigurasi sistem komputer : main
storage, auxiliaries, dsb)
- effektifitasSDMdalam pengembanganprogram (pengaruh lingkungan komputasi : program
development, data processing, real time application, dsb)
Effektifitas(dan efisiensi) --> Optimalisasi Biaya




Pendekatan system komputer
1.       Programmer membuat program dari sudat pandang  bahasa pemprograma yang dia mengerti
2.        CPU hanya mengerti bahasa yang sesuai dengan formatnya / bahas mesin
3.       Diperlukan bahasa pelantara  ( untuk mengkonversi bahasa tingkat tinggi ke bahasa CPU )
4.       Pekerjaan CPU di bantu  oleh system operasi untuk penjadwalan

Evolusi language translator
-          Awalnya program di buat dalam bahasa mesin
-          Kebutuhan language translator dari bahasa yang mudah dipahami programmer kebentuk yang di pahami oleh mesin
-          Translator untuk bahasa pemprograman tingkat rendah = assembly
-          Assembly language memiliki perlakuan yang mirip dengan bahasa mesinseperti penggunaan mnemonic upcode( LOD< ADD DLL )  dan juga symbolic operad ( result, value dll )
-          Bahasa tingkat tinggi yang termasuk machine independent..

Evolusi siterm software
-          Batch monitor
Awalnya system komputer menjalankan program pada satu waktu mode operasi  ( one prpgram at a time operating mode ) dan  batch monitor merealisasikan proses dari sekumpulan pekerjaan.
Kelemahan batch monitor : turn along time yg cukup lama.

Multyprograming  operating system
-          Arsitekstur komputer classic, intuksi IO di lakukan besamaan dengan intuksi lain ( aritmatika, logical dll )
-          Pengguna CPU dan IO secara bersamaan membutuhkan data independent yang akan di panggil pada memory
-           Ketika IO menjalankan sebuah program, CPU melakukan komputasi untuk program yang lain.


MACAM MACAM SO YANG BERJALAN DI DALAM KOMPUTER

1.       UNIX
Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an. dikembangkan oleh Universitas California, Berkeley.

2.       LINUX. Nama “Linux” berasal dari nama kernelnya (kernel Linux), yang dibuat tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux..

Kelebihan LINUX  : kebal terhadap malware, gratis, walaupun ada yang berlisensi. Bisa di distribusikan tanpa harus  membayar royalty. Disusunn berdasarkan system unix itu sendiri, tampilan cukup bagus dan sederhana. Relative stabil.
Kelemahan linux : chipset VGA tidak terbaca oleh linux, kurangnya permainan yang popular, instalasi software/aplikasi  tidak semudah windows

3.       MAC OS .. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM.
Kelebihan : stabil karena menggunakan UNIX, multitasking, tampilan/ user interface sangat bagus, aman dari malware, nyaman digunakan, aman dari malware,
KEKURANGAN :  banyak aplikasi yang tidak kompitabel dna malah troble ketika menggunakannya, hanya cocok untuk penggunak MAC dan apple

4.       FreeBSD : FreeBSD adalah sebuah sistem operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T lewat cabang Berkeley Software Distribution (BSD) yaitu sistem operasi 386BSD dan 4.4BSD.

5.       SUN OS : SUN OS adalah sebuah versi UNIX yang digunakan dalam workstation-workstation Sun Microsystems yang dirilis pada tahun 1982.

6.       Windows :  system operasi PC yang di kembangkan oleh Microsoft, yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik (graphical user interface). Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983.



MACAM MACAM OS PADA MOBILE

1.       Symbian : Mirip seperti sistem operasi desktop, Symbian OS mampu melakukan operasi secara multithreading, multitasking dan pengamanan terhadap memori. Dan semua pemrograman pada Symbian dilakukan secara event-based, artinya hardware CPU menjadi tidak aktif ketika tidak ada inputan berupa aktivitas tertentu.
Kelebihan: dirancang sebagai gabungan kemampuan komputer dengan ponsel, Bersifat open application environment, Open standard dan interoperability, multitasking, Flexible user interface design, Robustness, memiliki kemampuan mengakses data dengan cepat dan menjamin keutuhan data.

2.       Maemo :  Maemo merupakan sebuah perkembangan platform yang bersifat sumber terbuka untuk perangkat-perangkat yang menggunakan sistem Linux, seperti internet tablet. Komponen utama pada Maemo adalah Linux Kernel, yang menyediakan abstraksi perangkat keras untuk sistem sinyal, manajemen komponen, manajemen proses, dan servis jaringan. Menggunakan SO linux 2.6.

3.       Android : Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Rilis 5 nov. 2007.

Kelebihan :  flexsibel, bisa di pakai di berbagai flatform hardware, update OS cepat, simple dalam pengorasian. Lisensinya murah tidak semahak Blackberry. Mudah mencari software karena ada android market.
Kekurangan : HP android masih mahal, aplikasi tetrbatas  karena belum banyak tersedia.

4.       JAVA : Handphone dengan sistem operasi tertutup adalah Handphone dengan operating system JAVA. Handphone ini cuma mensupport aplikasi dan games dalam format Jar.
Kelemahan : tidak bisa bebas memasukan segala macam aplikasi
Kelebihan : bebas dari virus ponsel, tidak gampang Hang seperti ponsel Symbian.


5.       IOS :  iOS adalah sebuah sistem operasi berbasis perangkat mobile buatan apple yang bekerja pada perangkat iPhone, iPod touch, dan iPad. i-nya sendiri mungkin dimaksudkan sebagai perangkat yang selalu terhubung dengan internet sebagai cloud utamanya, 

No comments:

Post a Comment

Map